DAUN SIRIH

Kegunaan Daun Sirih

  1. Mengobati keputihan dan membersihkan daerah kewanitaan: 10 lembar daun sirih direndam ke dalam 2,5 liter air lalu disiramkan ke daerah kewanitaan.
  2. Memperbaiki kualitas suara agar suara lebih nyaring: daun sirih dikunyah
  3. Mengatasi bau badan: rebus 15 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai tersisa jadi 1 gelas, minum di sianh hari.
  4. Sebagai zat antiseptic (membunuh kuman, bakteri, dan jamur) karena di dalam daun sirih mengandung senyawa fenol yang memberikan sifat antiseptic.
  5. Meningkatkan gairah seks.
  6. Menghentikan batuk: rebus 15 lembar daun sirih dengan 3 gelas air sampai tersisa menjadi 3/4 bagian
  7. Menghangatkan badan karena daun sirih dikenal dengan zat aromatiknya (minyak atsiri) yang memberikan sifat hangat dan pedas.
  8. Menyembuhkan luka bakar karena mengandung styptic untuk menahan pendarahan dan vulnerary: tumbuk halus daun sirih, peras airnya dan tambahkan sedikit madu lalu bubuhkan ke tempat luka bakar.
  9. Merangsang saraf pusat dan daya piker karena mengandung Arecoline di seluruh bagian tanamannya.

10.  Mencegah disfungsi ereksi/ ejakulasi dini, membasmi jamur Candida albicans, dan bersifat analgesic(mengurangi rasa sakit) karena daun sirih mengandung senyawa eugenol (minyak atsiri).

11.  Mengobati bronchitis: rebus 7 lembar daun sirih dengan 2 gelas air sampai tersisa menjadi 1 gelas, minum 3x sehari.

12.  Mengurangi peradangan/ luka: tumbuk daun sirih lalu tempelkan pada daerah yang bengkak/ luka.

13.  Mengobati mimisan: tumbuk halus, gulung, gunakan untuk menyumbat hidung yang berdarah.

14.  Mengatasi gatal-gatal dan koreng: rebus 20 lembar daun sirih sampai mendidih, gunakan air rebusannya yang masih hangat untuk membasuh koreng dan daerah yang gatal-gatal.

15.  Mengatasi mata merah dan sakit mata: rebus 5-6 lembar daun sirih sampai mendidih, tunggu sampai dingin untuk cuci mata.

16.  Mengobati sariawan: kunyah daun sirih sampai lumat lalu buang ampasnya setelah selesai.

17.  Menghilangkan bau mulut: lumatkan daun sirih, seduh dengan air panas, gunakan untuk berkumur.

18.  Mengobati jerawat: tumbuk halus 7-10 lembar daun sirih, seduh dengan 2 gelas air panas, gunakan untuk cuci muka.

19.  Menghentikan gusi berdarah: rebus 4 lembar daun sirih dengan 2 gelas air, gunakan untuk berkumur.

20.  Mengurangi payudara yang bengkak karena ASI berlebih: daun sirih diolesi minyak kelapa, hangatkan di atas api sampai layu, tempelkan di seputar payudara yang bengkak.

21.  Memperkuat gigi dan mencegah dari sakit gigi: daun sirih dikunyah seperti kebiasaan nginang orang tua zaman dulu.

22.  Sebagai anti oksidan karena daun sirih mengandung minyak terbang (betlephenol, seskuiterpen, pati, diastase, zat samak, eugenol, chavicol

23.  Mengobati diare: tumbuk 4-6 lembar daun sirih dengan 1 sendok minyak kelapa, oleskan pada bagian perut sampai sembuh.

Perhatian:

Untuk daun sirih yang dipakai dalam bentuk segar, terlebih dahulu harus dicuci bersih.

Jaga pemrosesan dalam perebusan daun sirih sampai airnya digunakan untuk cuci mata karena bila tidak terjamin kebersihan dan kesterilan dari ekstrak daun sirih bias menimbulkan resiko infeksi mata.

Mengapa air daun sirih berbahaya bagi mata? Ketika daun sirih semakin banyak direbus maka tingkat keasaman dari air rebusan daun sirih semakin bertambah. Jika bereaksi dengan mata yang melapisi permukaan mata sehingga membuat permukaan mata jadi lebih asam. Perubahan PH (tingkat keasaman) ini menimbulkan kerusakan pada mata yaitu pada lapisan epitel kornea dan konjungtiva yang ditandai dengan rasa perih yang timbul setiap kali seseorang membersihkan matanya dengan air rebusan daun sirih.

Pada dasarnya mata sendiri dalam keadaan normal tidak membutuhkan pemberian cairan antiseptic dari luar untuk menjaga kebersihan mata karena mata telah dilapisi oleh air mata yang mengandung albumin, globulin, lysozym, IgA, IgG, dan IgE untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme, membasuh, dan melindungi mata dari benda-benda asing seperti debu dan partikel halus lainnya. Mata juga memiliki kelopak mata yang dapat berkedip untuk melindungi mata dari sinar matahari, debu dll jadi mata sudah punya mekkanisme pertahanan sendiri.

l  Mengunyah daun sirih terkait dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.

3 Responses to “DAUN SIRIH”

  1. hmcahyo Says:

    makasih infonya😀

  2. ani Says:

    memang minum air rebusan sirih setiap pagi….bagus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: