Apa Itu Obat

Obat adalah suatu zat yang mempengaruhi fungsi faal tubuh, zatnya bisa tunggal, bisa juga campuran. Adapun f ungsi obat antara lain untuk mendiagnosa penyakit (contoh: alat tes kehamilan), untuk mengurangi atau meringankan rasa sakit (contoh: Acetosal sebagai obat Analgetik), untuk mencegah penyakit (contoh: serum Tetanus, vaksin: BCG), dan untuk menyembuhkan penyakit (contoh: Antibiotik).

Cara mengetes khasiat obat dengan Plasebo yaitu beri kapsul kosong ke sebagian orang. Obat yang dipakai harus tepat dosis dan waktu pemberiannya karena seperti kita ketahui bahwa semua obat adalah racun dan tidak semua racun adalah obat.

Penggolongan obat berdasarkan asal muasalnya ada tiga yaitu obat yang berasal dari Alam (tumbuhan, hewan, dan mineral), Semi sintetis, dan Sintetis. Sedangkan berdasarkan cara pemakaiannya, obat dibagi menjadi dua golongan yaitu obat untuk pemakaian dalam (diminum lewat mulut) dan obat untuk pemakaian luar (obat dioleskan, ditaburkan atau disuntikan). Selain itu, berdasarkan bentuk sediaannya, obat dibagi ke dalam tiga bentuk yaitu Padat (serbuk, tablet, kapsul, pil), Semi Padat (salep, krim, pasta, lotion), dan Cair (solutio, potio, suspensi, emulsi). Sedangkan berdasarkan Undang-Undang, ada yang disebut Obat Bebas, Obat Bebas Terbatas, Obat Keras, dan Narkotika.

2 Responses to “Apa Itu Obat”

  1. Obat dan Kesehatan Says:

    Bagaimana cara penyimpanan obat yang baik?

    • elfrieda Says:

      Umumnya cara menyimpan obat yang baik adalah jauh dari sinar matahari dan di tempat yang sejuk tapi tidak lembab agar stabilitas obat tetap terjaga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: