Trend Obat Di Indonesia

Trend obat di Indonesia dewasa ini bisa dikatakan “Back to Nature” yaitu penggunaan obat yang berasal dari bahan alam. Selera masyarakat sekarang ini lebih cenderung menggunakan obat bahan alam karena beberapa faktor, diantaranya faktor biaya, faktor efek samping obat, dan faktor kepercayaan masyarakat terhadap obat.

Masyarakat lebih cenderung memilih obat bahan alam karena dikuatirkan efek samping yang ditimbulkan oleh obat kimia/sintetik bila obat tersebut digunakan untuk pengobatan jangka panjang disamping harga obat kimia/ sintetik terbilang mahal untuk obat-obat penyakit berat semisal hipertensi, diabetes, kanker dll. Berdasarkan pengalaman masyarakat pulalah membuktikan bahwa tidak semua obat kimia/sintetik mampu mengatasi berbagai permasalahan kesehatan secara optimal.

Kalau dulu, kita hanya mengenal obat yang berasal dari alam berupa jamu yang khasiatnya masih sebatas pengalaman masyarakat. Sekarang, obat yang berasal dari alam sudah bisa dibuktikan secara klinis dan pra klinis (terstandarisasi) sehingga menjadikan obat bahan alam menjadi alternatif dalam pengobatan penyakit. Berkat kecanggihan iptek menjadikan obat bahan alam yang dulunya hanya bisa dalam bentuk serbuk/simplisia, sekarang sudah bisa diproleh dalam bentuk kapsul.

Kenyataan ini mendorong produsen obat bahan alam untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya. Meningkatnya berbagai penelitian obat bahan alam dari berbagai aspek ditujukan untuk membuktikan keamanan dan kemanfaatan obat bahan alam sehingga dapat digunakan secara luas dalam mengatasi berbagai permasalahan kesehatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: